Tak Berkategori

Tentang Mengenal

Setiap manusia apabila meninggal dunia akan ditanya tiga perkara, siapa tuhanmu, siapa nabimu, apa agamamu. Untuk menjawab pertanyaan itu tidak cukup dengan menghafal, sebab seandainya mengahafal itu cukup kalau iya, orang munafik pun bisa, tapi yang dituntut pemahaaman dan pengamalan. Barangsiapa mengenal Allah dan ememnuhi haknya, mengenal dan mengamalkan isinya. Namun Apabila dia tidak mengenal… Lanjutkan membaca Tentang Mengenal

Tak Berkategori

Menjadi Santri

Alhamdulillah Jadi, ceritanya beberapa waktu yang lalu baru aja diterima jadi santri pesantren. Hmmm, lebih tepatnya diberi kesempatan buat belajar ilmu agama lebih dalam, dari dasar, dari pondasinya. Berawal dari coba-coba dan penasaran sebenernya.  Btw, ini pesantrennya Alhamdulillah gratis, kecuali kitab sama ongkos kesananya ya. Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga jadi santri.  Cerita dari awal banget… Lanjutkan membaca Menjadi Santri

Tak Berkategori

Tips Perencanaan Keuangan Pribadi

بسم الله الرحمن الرحيم “Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan.” (QS. Al Isro’ [17]: 26-27).  Maksudnya adalah mereka menyerupai setan dalam hal ini. * Satu dari sekian permasalahan yang muncul pada usia 20-an bagi orang yang mulai bekerja dan mempunyai penghasilan sendiri adalah "Cara mengatur dan merencanakan keuangan… Lanjutkan membaca Tips Perencanaan Keuangan Pribadi

Cerita Putri

Saatnya Belajar Membaca Pikiran

Hari ke 4 di Palangkaraya, kota cantik nan terik Waktu terus berjalan. Bagaimana hijrahmu? Tetap jalan di tempat ataukah masih terus melangkah? Meski perlahan, kuharap kakimu tak pernah lelah. “Kamu sudah memasuki dunia kerja!” “Dunia kerja tak sama dengan masa perkuliahan.” “Kamu harus bisa membaca apa yang orang sampaikan.” Dan masih banyak lagi ucapan ucapan seputar… Lanjutkan membaca Saatnya Belajar Membaca Pikiran

Cerita Putri

Putri, kamu harus belajar

Hari ke 3 di Palangkaraya. Jumat Barokah! Jumat, ingat Al Kahfi yak. Hari ini, kami masuk pukul 07.00 WIB, kenapa? Karena ini hari jumat, hehe. Istirahat lebih panjang, 2 jam! Jadi kami harus masuk mulai pukul 7 pagi dan pulang agak lebih sore, yap setengah 5. Kami rolling bidang nih, setelah di Tata Usaha, hari ini… Lanjutkan membaca Putri, kamu harus belajar

Cerita Putri

Stop Prasangka! Tabayyun dulu yuk.

Hari ke 2 di Palangkaraya. Alhamdulillah I’m fine mak (tadi siang dikasih kabar mbak kalo beliau belum sepenuhnya ikhlas kalau aku di sini, tetep pengen aku di Jogja. Naluri ibu, tak bisa disalahkan). But, I’m really fine, ber-8 di rumah dinas di depan kantor provinsi, jalan nggak sampai 5 menit, nyebrang santai, nggak takut ketabrak… Lanjutkan membaca Stop Prasangka! Tabayyun dulu yuk.

Cerita Putri

Welcome to Palangkaraya

Alhamdulillah, sekitar pukul 07.30 WIB aku dan teman-teman menginjakkan kaki di Bandara Tjilik Riwut. Merantau lebih jauh, setelah Jakarta-Jogja rutinitas pulkam selanjutnya adalah Kalimantan-Jogja, yey! Tadi pagi, aku, Risti dan Eca berangkat ke bandara naik gocar pukul 3 dini hari dengan bawaan yang super banyak (pindahan cuy!). Jogja-Jakarta aja biasanya bawa barang banyak, apalagi ini,… Lanjutkan membaca Welcome to Palangkaraya

Tak Berkategori

Sindiran

Ngawiti ingsun, nglaras sindiran Kelawan poro, wong nang nduwuran Kang ndalanake dana anggaran Ojo sembrono, tanpo itungan Ojo sembrono, tanpo itungan Duh poro konco, priyo wanito Ojo mung njabat, sareat bloko Nggur pinter janji, raiso mbuktekno Tembe mburine, rakyat sengsoro Tembe mburine, rakyat sengsoro Akeh kang pinter, sekabehane Seneng ngakali, marang kuline Elek’e dewe, nggak… Lanjutkan membaca Sindiran

Tak Berkategori

Konsep Pendidikan Anak dalam Al Qur’an dan Sunnah

Download : Rangkuman Konsep Pendidikan Anak dalam Al Qur'an dan Sunnah   1. Saat belum punya keturunan (QS. 19 : 2-11)  ذِكۡرُ رَحۡمَتِ رَبِّكَ عَبۡدَهُۥ زَكَرِيَّآ (٢) إِذۡ نَادَىٰ رَبَّهُۥ نِدَآءً خَفِيّٗا (٣) قَالَ رَبِّ إِنِّي وَهَنَ ٱلۡعَظۡمُ مِنِّي وَٱشۡتَعَلَ ٱلرَّأۡسُ شَيۡبٗا وَلَمۡ أَكُنۢ بِدُعَآئِكَ رَبِّ شَقِيّٗا (٤) وَإِنِّي خِفۡتُ ٱلۡمَوَٰلِيَ مِن وَرَآءِي وَكَانَتِ ٱمۡرَأَتِي… Lanjutkan membaca Konsep Pendidikan Anak dalam Al Qur’an dan Sunnah

Tak Berkategori

Pasangan = Soulmate

Dua pekan belakangan ini, seorang aku yang entah tak sengaja atau menyengajakan diri ikut acara dengan tema "membangun masa depan bersama pasangan" singkatnya seputar pernikahan dan jodoh. Jangan baper! Sekali lagi jangan baper, ini ilmu. Dua pekan lalu ikut seminar pranikah dengan tema "Hijrah, Nikah, Berkah" yang diadakan oleh FMM (Film Maker Muslim). Pekan berikutnya,… Lanjutkan membaca Pasangan = Soulmate